"Tidaklah merugi orang-orang yang saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran"

Minggu, 03 Juni 2012

Tanya Jawab Hukum Suami Meninggalkan Istri


Ditinggal Setahun Bolehkah Menikah lagi
Pernah kan melihat kasus seperti ini, dimana suami istri, istrinya ditinggal suami selama setahun tanpa diberi nafkah lahir dan batin.
Kasus serupa dialami salah seorang temanku berinisial WT.

Dalam Ajaran Islam.
Ada Hadits, Rasulullah SAW bersabda,
"Mereka (istri) berhak mendapatkan dari kamu sekalian, berupa makanan dan pakaian dengan cara yang baik."
(HR. Muslim).

Dalam hadits tersebut menunjukkan bahwa suami wajib memberi nafkah lahir dan batin kepada istri dan anak-anaknya (sesuai kemampuan) sebagai pertanggungjawaban suami serta menjaga kehormatan rumah tangga.

Sebaliknya,
jika suami meninggalkan istri dalam waktu 3 bulan berturut-turut tanpa memberi nafkah lahir dan batin, berarti pernikahan itu batal.

Artinya,
hubungan suami istri tidak ada, namun perlu dipertegas bahwa si istri harus menggugat cerai di pengadilan agama untuk mendapatkan surat cerai.

Lalu bagaimana kalau si istri disukai atau akan dipinang oleh lelaki lain.
Ya harusnya istri mengurus surat cerai dulu agar statusnya menjadi janda, karena Islam melarang seorang wanita untuk berpoligami.
Meski si suami tak memberi kabar apalagi nafkah, wanita itu tetap berstatus sebagai istri.

Jadi, penyelesaiannya.
Ditinggal setahun tanpa memberi nafkah lahir batin, istri boleh menikah lagi dengan catatan kalau sudah mendapatkan surat cerai.

Sebagai saran saja, sebaiknya si wanita tadi menikah lagi dengan lelaki yang statusnya sudah duda atau masih perjaka, karena pernikahan poligami itu sulit untuk berbagi dan adil secara fisik dan ekonomi.


Hukum Suami Meninggalkan Istri Dalam Islam


Al-Quran memberi batasan bahwa suami tidak boleh meninggalkan istri lebih dari empat bulan.
Mengenai hal ini, Syaikh Utsaimin memberikan pendapat [Fatawa Nir 'Aladarb Syaikh Utsaimin, hal 17, Majalatul Buhuts 9/60. Durus wa Fatawa Haramul Makky, juz 3 hal.270] :
Pertama : Tidak benar bahwa Al-Quran tidak membolehkan suami meninggalkan istri lebih dari empat bulan sebab tidak ada satu ayatpun yang menyebutkan demikian. Akan tetapi yang terdapat di dalam Al-Quran hanyalah pembatasan tentang orang yang ila yaitu suami bersumpah tidak akan menggauli istrinya, kemudian Allah memberikan waktu empat bulan kepadanya, sebagaimana firman Allah Kepada orang-orang yang meng-ilaa istrinya diberi tangguh empat bulan (lamanya). Kemudian jika mereka kembali (kepada istrinya), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang [Al-Baqarah : 226]
Dibolehkan suami pergi meninggalkan istrinya, lebih dari empat bulan, enam bulan, setahun atau dua tahun dengan syarat tempat tinggal istri aman dan rela ditinggalkan, jika tempat tinggalnya tidak aman atau tempat aman tapi istri tidak merelakan, maka dalam kondisi seperti itu, suami tidak boleh meninggalkan istrinya. Wajib bagi setiap suami untuk menggauli istrinya secara baik.
Jika suami pergi setelah sekian lama tanpa memberi kabar kepada istrinya (keluarganya), apakah sang suami harus memberikan surat talaq kepada istrinya ?
Syaikh Shalih Fauzan memberikan pendapat [Kitabut Muntaqa Syaikh Fauzan, juz 3/242] :
Tidak perlu sang suami mengirimkan surat untuk menjatuhkan talak kepada istrinya, jika dia berhalangan secara syariat yang mengakibatkan dia tidak bisa pulang. Maka tidak boleh bagi istri menuntut secara paksa terhadap suaminya agar pulang melainkan setelah ada kemampuan.
Dalam kondisi seperti ini istri berhak memilih diantara dua pilihan ; bersabar menunggu kedatangan suaminya atau menuntut hak dengan cara mengajukan talak. Dan sebaiknya suami harus tetap bersabar hingga datang kesempatan untuk pulang. Insya Allah jika ikhlas dan bersungguh-sungguh, maka akan mendapatkan jalan keluar dan pertolongan.
Dalam hal ini orang tua sang suami tetap harus menjaga dan bertanggung jawab terhadap sang istri.
Sumber :
Al-Fatawa Al-Jamiah Lil Maratil Muslimah, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Tentang Wanita jld-2, hal 111-112 Darul Haq
Lihat juga: http://rumah-ku.blogspot.com/2006/07/cara-cara-yang-mungkin-ditempuh-suami.html
Suamiku Tak Memberi Nafkah
Rubrik: Ya Ummi - Dibaca: 9833 kali
Assalamu'alaikum
Saya ibu dari 2 anak dan saya juga bekerja. Dalam dua tahun terakhir, kehidupan rumah tangga saya tidak harmonis, bahkan sudah 1,5 tahun kami tidak melakukan hubungan suami istri. Nafkah lahir dari suami juga amat minim, bahkan 6 bulan terakhir suami tidak memberi nafkah sama sekali dengan alasan sekarang saya pulang ke rumah orangtua. Menurut saya, jika memang dia tidak ingin memberi nafkah buat saya, biar saja. Tapi, bagaimana dengan anak-anaknya yang juga butuh biaya pendidikan. Anak pertama saya sudah kelas 5 SD dan yang  kedua SD kelas 1.
Yang ingin saya tanyakan bagaimana hukum dari perkawinan kami yang seperti ini? Sepengetahuan saya jika seorang suami tidak memberi nafkah lahir batin selama 3 bulan berturut-turut padahal dia mampu, maka hukumnya sudah jatuh talak. Dengan begitu, saya menganggap bahwa saya sudah ditalak oleh suami meski tidak ada ucapan dari dia. Saya juga sudah menyampaikan kepada suami bahwa saya minta cerai, tetapi suami tidak mau mengabulkannya. Katanya, dia ingin memperbaiki keadaan, tetapi saya tidak mau lagi karena ada beberapa hal yang tidak bisa saya jalani lagi bersama dia. Bagaimana menyelesaikan masalah ini, Ummi?
Wassalamu'alaikum
 Andrie, via e-mail
 Jawaban Syariah
Nanda Andrie yang Ummi sayangi, keluarga sakinah, mawaddah dan rahmah adalah idaman setiap pasangan suami istri. Rumah tangga seperti ini terbangun atas dasar pemenuhan hak-hak dan kewajiban suami istri. Kewajiban suami untuk memberikan nafkah lahir dan batin tehadap istri dan anak-anaknya, sementara istri mempunyai kewajiban untuk taat kepada suami. Allah Taala berfirman, ...dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. (QS Al Baqarah: 233). Rasulullah saw juga bersabda, Kewajiban kalian (suami) atas mereka (istri) memberikan makanan dan pakaian dengan baik.
Jika suami dengan sengaja menelantarkan dan menzhalimi istri dan anaknya dengan tidak memberikan nafkah, maka itu adalah kesalahan dan dia berdosa karena telah melalaikan kewajibannya sebagai seorang suami dan ayah bagi anak-anaknya. Istri dapat menuntut hak-haknya. Jika nafkah tersebut tidak dapat dipenuhi dan diberikan oleh suami maka istri pun dapat menuntutnya dengan mengajukan gugatan ke Pengadilan Agama. Gugatan ini dapat berakibat kepada perceraian yang disebut dengan tafriq qadhai (perceraian melalui Pengadilan Agama), sebagaimana tertuang dalam shighat taliq yang diikrarkan oleh suami saat setelah akad nikah berlangsung. Di antara poin-poinnya adalah sebagai berikut:
Meninggalkan istri selama dua tahun berturut-turut. Atau tidak memberi nafkah wajib kepadanya selama tiga bulan lamanya. Atau menyakiti badan/jasmani istri. Atau membiarkan (tidak memedulikan) istri selama enam bulan.
Jika suami melakukan salah satu dari keempat poin tersebut dan istri tidak ridha, maka istri dapat mengadukannya kepada Pengadilan Agama atau petugas yang diberikan hak mengurus pengaduan itu. Pengaduannya bisa dibenarkan serta diterima oleh pengadilan atau petugas tersebut dan istri membayar uang pengganti atau iwadh kepada suami. Jika proses ini berjalan dengan baik maka jatuh talak satu kepadanya.
Dalam masalah Nanda ini belum jatuh talak, karena yang memutuskannya adalah Pengadilan Agama setelah melakukan proses persidangan. Jadi, sebaiknya Nanda menyelesaikannya melalui Pengadilan Agama yang memang berhak memperkarakannya sesuai pengaduan istri.
Jawaban Psikologi
Nanda Andrie, salah satu tujuan pernikahan adalah terbangunnya suasana sakinah, mawaddah, dan rahmat dalam keluarga. Dengan suasana tersebut, maka seorang istri akan merasa terayomi karena perlindungan yang diberikan suaminya; sebaliknya seorang suami merasa nyaman berada bersama istrinya dan bersemangat untuk mencari nafkah bagi keluarga. Dalam suasana tersebut, anak-anak dibesarkan dan tumbuh sehingga mereka siap menjadi pribadi yang sehat.
Tetapi, memang tidak semua kondisi ideal tersebut bisa tercapai dengan mudah. Buat sebagian pasangan jalan menuju kondisi ideal ini sangat sulit. Meski dalam surat ini Nanda tidak menjelaskan faktor apa yang menyebabkan Nanda tidak bisa lagi menerimanya, beberapa saran berikut ini ada baiknya Nanda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan:
-          Pertimbangkan dengan matang kondisi kejiwaan anak-anak yang telah diamanahkan pada Nanda. Mereka adalah generasi masa depan yang akan menjadikan kehidupan orangtuanya sebagai contoh dalam kehidupan yang mereka jalani kelak serta dalam menata cita-citanya. Anak-anak yang hidup dalam keluarga yang kurang harmonis, akan tumbuh dengan kasih sayang yang terbatas.
-          Ingat-ingatlah kebaikan dan sisi positif yang dimiliki suami, jangan terfokus pada keburukannya saja. Harapan yang terlalu besar terkadang berubah menjadi tuntutan tersendiri yang akan membuat kecewa manakala tuntutan tersebut tidak terpenuhi. Karena itu, cobalah Nanda bersikap realistis.
-          Lakukanlah introspeksi untuk mengevaluasi perjalanan pernikahan Nanda dan sejauh mana Nanda masih mencintainya. Setiap orang tentu pernah melakukan kesalahan, jika memang kesalahan tersebut bukan merupakan sesuatu yang fatal, bukakanlah pintu maaf. Semoga dengan kesabaran yang Nanda berikan, Allah berkenan menggantinya dengan karunia lain yang lebih besar.
-          Pertimbangan dari anggota keluarga besar, perlu dijadikan masukan. Mintalah pendapat pada keluarga Nanda yang memiliki wawasan dan bijak dalam memberi pandangan. Liku-liku persoalan rumah tangga dialami hampir oleh setiap orang yang sudah berkeluarga dengan intensitas yang berbeda-beda. Nanda dapat mengambil pelajaran sebelum akhirnya mengambil keputusan.
-          Apapun langkah yang akan Nanda tempuh, tentunya Nanda pun memiliki hak untuk mendapatkan kebahagiaan bagi diri sendiri. Bila semua langkah sudah dijajaki, serta Nanda sudah berpikir secara matang mempertimbangkan konsekuensinya bila berpisah, lakukan shalat istikharah agar Allah memberikan kemantapan hati kepada Nanda untuk memilih mana jalan yang akan diambil.
 Jawaban Hukum
Menurut pasal 39 dari UU No. 1 tahun 1974, perceraian hanya dapat dilakukan di depan sidang pengadilan setelah pengadilan yang bersangkutan berusaha dan tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak. Kemudian untuk melakukan perceraian harus ada cukup alasan bahwa antara suami dan istri itu tidak akan dapat hidup sebagai suami istri lagi.
Kemudian pasal 19 PP No. 9 tahun 1975 menyebutkan bahwa perceraian dapat terjadi karena alasan-alasan :
Salah satu pihak berbuat zina, menjadi pemabok, pemadat, penjudi, dan lain sebagainya yang sukar disembuhkan; Salah satu pihak meninggalkan pihak lain selama 2 (dua) tahun  berturut-turut tanpa izin pihak lain dan tanpa alasan yang sah atau karena hal lain di luar kemampuannya; Salah satu pihak mendapat hukuman penjara 5 (lima) tahun atau hukuman yang lebih berat setelah perkawinan berlangsung; Salah satu pihak melakukan kekejaman atau penganiayaan berat yang membahayakan pihak yang lain; Salah satu pihak mendapat cacat bawaan atau penyakit dengan akibat tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami/ istri. Antara suami dan istri terus menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga.

Kemudian, dalam pasal 116 Kompilasi Hukum Islam keenam alasan tersebut di atas ditambah lagi menjadi :
Suami melanggar taklik talak Peralihan agama atau murtad yang menyebabkan terjadinya ketidakrukunan dalam rumah tangga.

Bagaimana hukum perkawinan Nanda? Menurut Ummi dalam situasi tersebut dan dengan melihat alasan-alasan di atas, talak belum jatuh. Apalagi pihak suami sendiri belum menyatakannya, baik di dalam maupun di luar pengadilan.
Namun demikian, dalam kasus Nanda, sebenarnya cukup alasan untuk berpisah dengan suami. Kendati ini juga mungkin bukan pilihan terbaik, utamanya bagi masa depan anak. Keputusan untuk bercerai adalah suatu pilihan dari suami istri bersangkutan. Dalam arti, pihak pengadilan agama akan bersikap pasif dan tak akan memaksakan terjadinya perceraian tersebut, selama kedua pihak tidak menginginkannya.
Memang talak adalah hak dan kewenangan suami, namun hukum perkawinan Indonesia juga memberi peluang kepada pihak istri untuk menggugat cerai suaminya dengan alasan-alasan yang sama seperti tersebut di atas. Gugatan cerai diajukan ke Pengadilan Agama dimana istri berdomisili atau sesuai dengan KTP dari istri.
Selanjutnya, semuanya terpulang kepada Nanda dan suami. Semoga Allah swt memberikan jalan keluar yang terbaik bagi rumah tangga Nanda.
http://www.ummi-online.com/berita-34-suamiku-tak-memberi-nafkah.html

17 komentar:

  1. selamat malam bapak, saya mau bertanya. mohon untuk bantuannya, dahulu sewaktu saya masih sma saya telah menikahi pacar saya, namun bukan atas dasar karna cinta tapi hanya karna saya ingin bertanggung jawab karna saya telah berbuat zinah dengannya hingga pacar saya itu hamil.

    setelah bberapa bulan saya jalani rumah tangga dengan pacar saya yang sekarang jadi istri saya,saya merasa tidak akan bisa hidup bahagia dengan istri saya itu, dan saya masih ingin melanjutkan sekolah di luar kota,sedangkan istri saya tidak mau kalau harus bercerai.

    akhirnya tanpa sepengetahuan istri saya, saya pergi meninggalkan istri saya tersebut untuk melanjutkan sekolah kembali.
    hingga sekarang ini sudah 4thun saya meninggalkan istri saya tanpa memberinya kabar, sedangkan untuk nafkah saya memang tidak memberikannya secara langsung ke istri saya namun orang tua sayalah yang selalu memeberikan uang hidup setiap bulannya kepada istri saya tersebut.
    secara langsung memang orang tua saya mengetahui kepergian saya meninggalkan istri saya tersebut.

    nah yang ingin saya tanyakan disini, apakah ada hukum atau undang2 di indonesia yang bisa menjerat saya dengan orang tua saya? atau bahkan bisa memenjarakan saya dan orang tua saya? sebelumnya aya ucapkan terimakasih.

    BalasHapus
  2. ko saya gk ada jabwan ya?

    BalasHapus
  3. u/ eka sebaiknya anda segera bertobat saja. terimakasih

    BalasHapus
  4. Assalamua'laikum Wr Wb
    Saya adalah seorang suami dan mempunyai 3 orang anak dari hasil perkawinan kami.

    Suatu ketika kami cekcok dan pada saat kejadian itu, saya sempat menjentikkan jari saya ke bibir istri saya, karena dia telah memaki dengan berkata kotor kepada saya untuk yang kedua kalinya, sebelum menjentikkan jari saya itu saya sudah memperingatkannya untuk tidak berkata kotor kepada saya, tetapi malang istri saya pun mengulangnya tanpa hiraukan peringatan saya.

    Sesaat setelah saya jentik bibirnya, istri saya kemudian memburu saya hendak memukul, tetapi bisa saya cegah dengan memegang kuat kedua pergelangan tangannya. Tak berhasil memukul saya istri saya terus menghujani saya dengan caci maki kasar, hingga akhirnya ibu mertua saya masuk menyuruh kami berhenti [dengan kata] disusul dengan bapak mertua saya dengan tindakan yang sama.

    Dua hari dan satu malam berselang, istri saya melaporkan saya ke polisi dengan tuduhan KDRT. Polisi yang kemudian menyidik saya pun mengatakan bahwa menurut hasil visum yang dilakukannya saat melaporkan saya itu, tidak ditemui tanda / bekas kekerasan fisik. Dan kepada Polisi saya tegaskan bahwa saya hanya menjentikkan jari saya ke bibirnya. Dan kebijaksanaan Polisi membolehkan saya pulang untuk menyelesaikan urusan ini secara kekeluargaan. Tetapi surat pengaduan tidak di cabut oleh istri saya.

    Sejak istri melaporkan saya ke polisi, saya jadi serba salah, kemanapun saya melangkah terasa tidak nyaman. Pulang ke rumah istri yang sekaligus rumah mertua saya, pintu rumah tidak pernah di bukakan lagi, karena pekerjaan saya, yang membuat saya baru bisa pulang kerumah paling cepat jam 11.00 malam.

    Akhirnya saya pun tidur di rumah orang tua saya .

    Keesokan paginya saya sengaja untuk datang terlambat bekerja, dengan maksud mencari kejelasan. Dan pagi itu saya di sidang oleh mertua laki2 saya, dan ketika saya bertanya kenapa saya dilaporkan kepada Polisi, ia menjawab karena ia merasa tersakiti secara bathin. Saya pun minta maaf, dan memohon kepada istri untuk mencabut aduannya itu. Tetapi istri mengatakan bahwa ia bisa memberi maaf kepada saya, dan akan mencabut laporannya itu dengan syarat saya harus menceraikannya. Tetapi saya tidak menjawab apa-apa waktu itu.

    Hari itu saya sengaja untuk tidak bekerja, seharian saya habiskan waktu untuk berkonsultasi kepada keluarga besar saya mengenai masalah yang sedang saya hadapi. Tetapi secara keseluruhan keluarga besar saya mendukung saya untuk menceraikan istri, tetapi denga catatan biar pihak istri yang mengurusnya.

    BalasHapus
  5. Hari itu juga, pihak keluarga saya mengurus utusan untuk berdamai, tetapi pihak istri rupanya sudah mempersiapkan jawaban, bahwa mereka tetap meminta cerai karena tidak suka dengan tindakan saya.
    Mendapati hasil yang demikian saya jadi bingung, karena tidak ada satu orang pun yang ada di sekitar kami [saya & istri] yang memberi solusi untuk kebaikan, malah semuanya mempertahankan egonya masing-masing untuk menyelamatkan muka mereka. Karena pihak keluarga besar saya telah mengganggap istri saya lancang dengan aduannya kepolisi itu. Sedang pihak keluarga istri telah sepakat untuk membenci saya dan akan bertindak lebih bila saya berani mendekati istri saya [pulang ke rumah mertua]

    Saya bingung dan bertanya kepada diri saya, apa salah saya sebenarnya.

    Kalau KDRT, pihak Polisi sudah mengatakan bahwa kasus itu lemah dan percuma bila di proses lebih lanjut.

    Saya teringat kepada ketiga anak saya yang masih kecil-kecil.
    Kemudian saya coba utk berbicara dari hati ke hati dengan istri saya di tempat-nya bekerja. Dan dia bilang masih tetap akan keputusan keluarga besar-nya.

    Hal itu yang semakin membuat saya semakin bingung, kenapa keluarga besar yang di pertahankannya. Sedangkan nasib keluarga kecil kami jadi taruhan.

    Akhirnya saya mengatakan bahwa saya tidak akan pernah menceraikan dia, karena saya secara hukum agama tidak melakukan hal yang salah, saya tidak berbuat maksiat, berjudi apalagi minum2an keras. Saya tetap memberi uang belanja keluarga, walau menurut keluarga saya hal itu sudah tidak wajib lagi. Saya tetap memberi uang jajan dan biaya pendidikan kepada ketiga anak saya.

    Yang tidak saya lakukan adalah saya tidak lagi memberi nafkah bathin kepada istri saya sejak kejadian itu (+/- 2 minggu hingga tulisan ini saya buat), karena mengingat ancaman yang di lontarkan oleh pihak keluarga besar istri saya.

    Mungkin tindakan saya bodoh, tetapi saya lebih memilih perasaan dan mental psikis anak anak saya bila nanti kami orang tuanya bercerai.
    Tetapi yang membuat saya semakin heran, ketika istri bertahan minta cerai kepada saya, baik ia dan pihak keluarganya tidak juga mau pengurusnya ke Pengadilan Agama. Malah meminta saya yang mengurus perceraian itu.

    Jadi bagaimana menurut Bapak / Ibu masalah saya ini? Saya tidak pernah berpikir untuk menceraikan istri saya, karena sebagai istri dia cukup baik
    Terima Kasih atas perhatian dan Solusinya
    Wassalam

    BalasHapus
  6. ass wr wb....
    salahkah jika seorang suami meminta cerai terhadap sang istri!!! karena sang suami sudah tidak mampu untuk menafkahi istri dan anak2... bgaimankh jk sang suami tidak dpt memenuhi tuntutan sang istri?? karena sang suami emank benar2 tiddak bekerja!!!! mohon penjelasan











    BalasHapus
  7. Nama saya Susan J. Fink , saya tinggal di Amerika Serikat . Suami saya dan saya telah menjalani life.so sangat bahagia dan indah seiring dengan berjalannya waktu , saya mulai memperhatikan sikap aneh bahwa ia possessing.He sekarang berkencan dengan gadis-gadis lain , sampai-sampai dia memilih tidak lagi up panggilan saya , dan dia bahkan tidak tidur di rumah saya lagi . Saya menjadi bingung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan anymore.So saya menjadi khawatir dan terdampar , yang membawa begitu banyak pikiran dalam pikiran saya , karena saya tidak pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya di life.So saya saya memutuskan untuk mengunjungi mantra kastor , untuk melihat apakah dia bisa membantu saya out.So segera saya pergi ke internet , di mana saya melihat sebuah kesaksian menakjubkan kastor mantra yang membawa kekasih mantan punggung seseorang , priest_gbenga.magic_temple@priest.com " jadi saya segera menghubungi dia dan saya menjelaskan kepadanya semua masalah saya dan dia mengatakan kepada saya bahwa itu akan sangat mudah baginya untuk memecahkan , dibandingkan dengan orang-orang bahwa ia telah done.and dia meyakinkan saya bahwa suami saya akan datang kembali ke saya segera dia selesai dengan mantra casting.and juga dia menyuruh saya menaruh semua kepercayaan saya pada dia, dan saya benar-benar mematuhi him.So itu 08:00 pada pagi berikutnya , ketika saya hendak pergi bekerja , ketika saya menerima telepon suami saya , dan dia mengatakan kepada saya bahwa ia akan datang kembali ke rumah , dan ia meminta maaf kepada saya , dan mengatakan kepada saya bahwa dia sangat menyesal untuk rasa sakit bahwa ia memiliki biaya me.and setelah beberapa jam kemudian , dia benar-benar kembali ke rumah , dan itu adalah bagaimana kita terus pernikahan kami dengan banyak berada di past.And dia juga mengatakan kepada saya bahwa setelah keinginan hati saya telah diberikan kepada saya bahwa saya harus pergi dan bersaksi tentang karyanya di sini di internet . sekarang saya wanita paling bahagia di bumi hari ini sebagai saya menulis kesaksian ini , dan saya ingin benar-benar berterima kasih " Pirest Gbenga " untuk membawa kembali suami saya , dan untuk membawa sukacita dan cinta kepada family.So saya saran saya terbaik untuk Anda di luar sana yang suami atau istri Anda bertindak aneh atau berperilaku dengan cara yang sama seperti ini , atau Anda memiliki masalah dengan hubungan Anda atau apapun yang berhubungan dengan hubungannya dengan mantra casting, adalah bagi Anda untuk pergi dan mengunjungi orang ini kapan saja, dan saya meyakinkan Anda bahwa ia akan membantu untuk Anda , dan saya yakin 100% bahwa ia akan menyelesaikannya out.here adalah situs web: priestgbengamagichome.webs.com
    +2347-05832-1301
    Susan J. Fink

    BalasHapus
  8. Nama saya Angelina saya ingin membagikan kesaksian saya dengan masyarakat umum tentang apa yang orang ini disebut Dr ABU baru saja dilakukan untuk saya , pria ini baru saja membawa kembali saya hilang Ex suami saya dengan mantra yang besar , saya menikah dengan ini pria bernama Jack kami bersama-sama untuk waktu yang lama dan kami mencintai diri kita itu tetapi ketika saya tidak bisa memberikan dia seorang anak selama 2 tahun ia meninggalkan saya dan mengatakan bahwa dia tidak dapat melanjutkan lagi maka saya sekarang sedang mencari cara untuk mendapatkan dia kembali sampai seorang teman saya bercerita tentang orang ini dan memberikan email kontaknya ( abufatima77powerspellcaster@gmail.com ) maka Anda tidak akan percaya ini ketika saya menghubungi orang ini pada masalah saya ia siap mantra ini pemain dan membawa suami saya hilang kembali , dan setelah satu bulan aku rindu bulan saya dan pergi untuk tes dan hasilnya dinyatakan am hamil senang saat seorang ibu dari seorang bayi perempuan , terima kasih sekali lagi besar Dr ABU untuk apa yang telah Anda lakukan untuk saya , jika Anda berada di luar ada melewati ini jenis yang sama masalah Anda dapat menghubungi dia hari ini surat-suratnya ( abufatima77powerspellcaster@gmail.com ) dan dia juga akan membantu Anda juga

    BalasHapus
  9. SILAKAN MENGAMBIL WAKTU ANDA UNTUK MEMBACA MY TESTIMONI PENDEK YANG MUNGKIN BERMANFAAT UNTUK ANDA ATAU ORANG DEKAT KEPADA ANDA .
    Halo
    Nama saya Cynthia James . saya ingin berbagi kesaksian singkat dengan orang-orang baik di dunia ini . Ini mungkin berguna untuk Anda dalam satu cara atau yang lain . Ini adalah kisah saya .
    Suami saya pikir poligami tidak salah , ia telah melihat gadis lain untuk masa lalu 1 tahun sekarang, dan saya mengatakan kepadanya bahwa ia harus berhenti tetapi ia mengatakan ia jatuh cinta dengan dia , mereka bahkan berbicara tentang telah bersama-sama " SELAMANYA " dan juga
    dia bergerak dengan kami . suami saya masih mencintai saya, dia menyesal masuk ke ini di tempat pertama , tetapi tidak bersedia untuk break-up dengan dia , dia bilang kalau dia jadi break-up , tidak akan ada hubungan lain di luar pernikahan mereka. Kemudian saya menjelaskan dan mengeluh kepada TEMAN SANGAT BAIK saya disebut MERCY , dan dia menghubungi saya dengan satu kastor mantra disebut DR OKOSU.this orang besar mengatakan kepada saya bahwa suami saya berada di bawah mantra wanita . Tapi dia mampu memecahkan mantra dan suami saya mengakhiri hubungan dengan wanita dalam waktu 48 jam dan ia datang kembali ke saya minta maaf untuk semua hal yang ia lakukan dan memohon pengampunan bagi saya . Saya berdoa agar TUHAN YANG MAHA ESA akan terus menggunakan Anda untuk membantu people.Friends lain tidak tetap diam karena mereka mengatakan " MASALAH BERSAMA ADALAH SETENGAH SOAL LATIHAN " Tapi saya mengatakan masalah bersama pria besar adalah " MASALAH PERMANEN LATIHAN " karena orang seperti DR OKOSU memiliki solusi untuk semua masalah Anda , tidak peduli masalah hanya menghubungi dia di nya Email : drokosu01@gmail.com saya hidup bahagia sekarang dengan suami saya dan saya 2 indah kids.DR OKOSU bilang aku juga dapat menghubungi dia di salah satu masalah berikut :

    ( 1 ) ingin kembali mantan Anda .
    ( 2 ) Anda selalu memiliki mimpi buruk .
    ( 3 ) Untuk dapat dipromosikan di kantor Anda
    ( 4 ) Ingin anak .
    ( 5 ) Apakah Anda ingin menjadi kaya .
    ( 6 ) ingin memegang suami / istri untuk menjadi milikmu sendirian selamanya .
    ( 7 ) memerlukan bantuan keuangan .
    8 ) Apakah Anda ingin berada dalam kontrol Anda pernikahan
    9 ) Ingin Anda tertarik pada orang
    10 ) kekanakannya
    11 ) MEMBUTUHKAN SUAMI / ISTRI
    13 ) CARA MENANG LOTTERY ANDA
    14 ) PROMOSI SPELL
    15 ) PERLINDUNGAN SPELL
    16 ) SPELL BISNIS
    17 ) BAIK SPELL JOB
    18 ) Obat untuk penyakit apapun.
    Hubungi DR OKOSU hari ini dan Anda akan senang Anda lakukan . Email : drokosu01@gmail.com

    BalasHapus
  10. Nama saya Malina , dari United Kingdom . Saya ingin
    membagikan kesaksian saya dengan masyarakat umum tentang
    apa candi ini disebut ( malaikat solusi ) telah dilakukan untuk
    saya, candi ini baru saja membawa kembali kehilangan mantan saya
    kekasih saya dengan pekerjaan mantra besar mereka , masih berpacaran orang ini disebut Steven kami bersama-sama untuk waktu yang lama
    waktu dan kita mencintai diri kita , tetapi ketika saya tidak mampu
    untuk memberinya seorang anak laki-laki selama 5 tahun ia meninggalkan saya dan mengatakan
    saya dia tidak dapat melanjutkan lagi maka saya sekarang
    mencari cara untuk mendapatkannya kembali dan juga hamil , sampai seorang teman
    saya bercerita tentang candi ini dan memberi saya kontak mereka
    email , maka Anda tidak akan percaya ini ketika saya menghubungi
    mereka pada masalah saya mereka menyiapkan barang-barang dan mantra untuk saya
    dan membawa suami saya yang hilang kembali , dan setelah sebulan saya
    merindukan aliran bulanan saya dan pergi untuk tes dan hasilnya
    menyatakan bahwa saya hamil , saya senang hari ini saya seorang ibu dari
    satu set kembar laki-laki dan seorang gadis , saya berterima kasih kepada kuil sekali lagi untuk apa yang telah mereka lakukan untuk saya , jika Anda
    di luar sana melewati salah satu masalah ini
    tercantum di bawah ini :
    ( 1 ) Jika Anda ingin kembali mantan Anda
    ( 2 ) jika Anda selalu memiliki mimpi buruk .
    ( 3 ) Anda ingin dipromosikan di kantor Anda .
    ( 4 ) Anda ingin perempuan / laki-laki untuk berjalan setelah Anda .
    ( 5 ) Jika Anda ingin anak .
    ( 6 ) Anda ingin menjadi kaya .
    ( 7 ) Anda ingin mengikat suami / istri menjadi
    milik Anda selamanya .
    ( 8 ) Jika Anda memerlukan bantuan keuangan .
    ( 9 ) Perawatan Herbal
    ( 10 ) Jika Anda tidak dapat dapat memuaskan istri Anda
    keinginan seks tempo atau
    tindakan err rendah.
    ( 11 ) jika menstruasi Anda menolak untuk datang
    keluar hari itu
    kira atau lebih arus .
    ( 12 ) jika pekerjaan Anda menolak untuk membayar Anda , orang-orang
    karena Anda ? .
    ( 13 ) memecahkan masalah tanah dan mendapatkannya kembali .
    ( 14 ) Apakah keluarga Anda Denny Anda dari Anda
    kan?
    ( 15 ) Biarlah orang menuruti firman-Ku dan melakukan saya
    ingin
    ( 16 ) Apakah Anda memiliki jumlah sperma rendah ?
    ( 17 ) Kasus memecahkan E.T.C
    Menghubungi mereka di email mereka pada theangelsofsolution@gmail.com
    Dan mendapatkan semua masalah Anda dipecahkan
    Terima kasih .

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaikum W.W
    Selamat mlm ustad,
    Nama saya boy
    problema saya saat ini istri saya minta cerai dan ingin menggugat saya ke Pengadilan Agama.
    saya dianggap sebagai suami yang amarahnya tidak bisa dikendalikan dikarenakan setiap marah saya sering melempar gelas dan piring sehingga pecah berantakan. ditambah istri saya pernah menemukan BBM an saya dengan cewek suka dugem yang isinya disitu lebih kurang saya ngajak ML dan istri saya punya bukti BBM an itu sampai sekarang. akan tetapi saya tidak pernah sampai ML. juga pernah ketahuan saya BBM sama cewek pakai kiss-kiss an. dan saya pernah diketahui mabuk dan saya sering keluar malam pulang sampai larut malam. dan saya pernah ketahuan main bilyard bareng sama cewek yang baru saya kenal. terakhir saya berbuat kasar kepada istri saya (saya menariknya ketika dia duduk menghadap kedepan sampai ke luar kamar karna saya tidak mau pertengkaran saya disaksikan anak. akan tetapi menurut saya itu bukan KDRT karena tidak ada yang teraniaya., sementara saya ajak keluar ia tidak mau). sampai akhirnya dia minta cerai dan saya tidak pernah mengiyakan, akan tetapi untuk menghindari cerai saya suruh dia pergi dan dia pergi ke rumah Ortunya membawa anak kami yang berusia 8 Tahun.

    Sekarang, saya menyadari kesalahan saya dan telah bertobat dengan sebenar-benar tobat. saya sudah meninggalkan semuanya. saya sekarang tidak pernah meninggalkan shalat 5 waktu dan mengaji serta kalau terbangun tengah malam saya shalat tahajjud. sekarang dia telah tinggal di rumah orang tuanya selama 31 hari, dia tetap mengizinkan saya bertemu anak walaupun terkadang saya merasa dihalang-halangi.saya sudah bersujud di kaki orang tuanya untuk minta maaf, termasuk pamannya di kampung (berjarak 6 jam perjalanan dari tempat saya tinggal). saya benar-benar menyesal dan ingin mempertahankan keluarga saya, kasihan perkembangan mental anak saya. sekarang istri saya dan kedua orang tuanya sudah membuat keputusan dan berulang kali disampaikan ke saya bahwa cerai adalah solusinya. dan orang tuanya tidak akan menerima saya sebagai menantu. tapi bagi saya ingin mempertahankan keluarga sampai saya benar-benar tidak berdaya. saya benar-benar menyesal. saya telah sampaikan tolong beri saya kesempatan satu kali saja. pakai surat perjanjian bermaterai pun saya terima. saya ingin menebus kesalahan saya dan melindungi anak saya. dan saya berjanji akan membahagiakan istri dan anak saya. sekali saja saya melanggar, istri saya boleh meninggalkan saya.tp istri dan ortu nya tetap tidak mau.
    Yang saya takutkan istri saya benar-benar mengajukan gugatannya. kalau itu terjadi, saya akan tetap bersikukuh untuk damai sampai sidang ke berapapun. saya ingin membahagiakan istri dan anak saya. kalau saya pada saat panggilan dan sidang tetap tidak mau menceraikan istri saya dengan alasan tadi, apakah gugatan istri saya tetap bisa dikabulkan, atau bagaimana? dan bagaimana keadaan pernikahan saya menurut islam? saya benar-benar mencintai istri dan anak saya, saya sangat menyesal. apa langkah yang harus saya ambil selanjutnya menurut agama islam dan mungkin pendapat yang lainnya?
    mohon untuk tidak di share identitas saya. tolong balas ke boobeey4683@yahoo.com
    terima kasih atas bantuannya
    Wassalam

    BalasHapus
  12. Saya senang melaporkan bahwa Ex saya dan saya sekarang bahagia kembali bersama-sama . Saya harus mengatakan itu mudah dilakukan ! Dalam waktu 48 jam , istri saya sudah kembali dalam hidup saya . Istri saya meninggalkan saya enam bulan lalu . Semakin lama dia pergi , semakin aku melihat apa yang brengsek saya . Pada awalnya , saya menyalahkan dia untuk pergi. Aku bilang dia adalah ' salah' . Bahkan, aku menampar Alkitab pada dirinya , mencoba rasa bersalah menyebabkan dia dengan cara apapun aku bisa. Kemarahan saya hanya mendorongnya lebih jauh . Aku tidak percaya cara saya bertindak . Istri saya memberi saya kesempatan setelah kesempatan , dan aku mengabaikannya .
    Saya menghubungi Dr Ogbo dan dalam beberapa menit berbicara dengan dia , saya menyadari bahwa Drive Ogbo adalah satu-satunya orang yang saya benar-benar bisa dipercaya . Aku hanya ingin mengucapkan terima kasih atas semua bantuan Anda !
    Saya masih akan menggunakan Dr.Ogbo lagi untuk bekerja lebih lanjut di masa mendatang . Kita sekarang bahagia merayakan ulang tahun kami bersama-sama , dan kami bahkan merencanakan liburan pantai hanya untuk kami berdua . Terima kasih sooooo banyak!
    Bagi mereka yang mungkin juga ingin memberinya mencoba . Email dia di drogbohighspiritualspellcaster@mail.com

    BalasHapus
  13. who ever is reading this testimony today should please celebrate with me and my family because it all started like a joke to some people and others said it was impossible. my name is ANDY i live in Chicago i am happily married with three kids and a lovely wife something terrible happen to my family along the line, i lost my job and my wife packed out of my house because i was unable to take care of her and my kids at that particular time. i manage all through seven years, no wife to support me to take care of the children and there come a faithful day that i will never forget in my life i met an old friend who i explain all my difficulties to, and he took me to a spell caster and and the name of the temple is called, priest ogunbiyi, i was assure that everything will be fine and my wife will come back to me after the wonderful work of priest ogunbiyi , my wife came back to me and today i am one of the richest man in my country. i advice you if you have any problem email him with this email:ogunbiyispiritualtemple@gmail.com and you will have the best result. take things for granted and it will be take from you. i wish you all the best
    ANDY
    Chicago

    BalasHapus
  14. asalamualaikum..wr..wb..saya ingin bertanya,,,bgamn hukmnya jk sy pulang kerumah orng tua sy,tanpa sepengetahuan dr suami dg alasan suami sellu menyakiti dan bgmnkah sy dapt bercerai dg suami sy,sedang dulu pernikahn sy adalah nikah siri,tanpa keterangan nikah apalagi buku nikah.mohon jawabnya

    BalasHapus
  15. SILA AMBIL MASA ANDA MEMBACA MY TESTIMONI PENDEK YANG MUNGKIN AKAN MENGGUNAKAN Penuh KEPADA ANDA DALAM SATU CARA ATAU LAIN.
    Hello
    Nama saya mawar James. saya ingin berkongsi kesaksian ini pendek dengan orang baik di dunia ini. Ia mungkin berguna kepada anda dalam satu cara atau yang lain. Ini adalah cerita saya.
    Suami saya berfikir poligami tidak salah, dia telah melihat perempuan lain selama 1 tahun yang lalu sekarang, dan saya memberitahu dia perlu berhenti tetapi dia mengatakan dia cinta dengan beliau, mereka telah pun bercakap tentang telah bersama-sama "FOREVER" dan juga dia bergerak ke dengan kami. suami saya masih mencintai saya, dia menyesal masuk ke ini di tempat yang pertama, tetapi tidak bersedia untuk memecahkan-up dengan dia, dia berkata jika dia memecah-up, tidak akan ada hubungan lain di luar perkahwinan mereka. Kemudian saya menerangkan dan mengadu kepada SANGAT BAIK KAWAN saya dipanggil MERCY, dan dia menghubungi saya dengan satu bedak ejaan dipanggil DR SUNNY.this orang besar memberitahu saya bahawa suami saya berada di bawah ejaan wanita itu. Tetapi dia mampu untuk memecahkan sihir tersebut dan suami saya berakhir hubungan dengan wanita itu dalam tempoh 48 jam dan dia kembali kepada saya meminta maaf untuk semua perkara yang dia lakukan dan memohon ampun saya. Saya berdoa agar Allah SWT akan terus menggunakan anda untuk membantu people.Friends lain tidak kekal dalam diam kerana mereka berkata "MASALAH BERSAMA ADALAH MASALAH SETENGAH DISELESAIKAN" Tetapi saya katakan masalah dikongsi dengan orang ini Great ialah "MASALAH KEKAL DISELESAIKAN "kerana seseorang seperti DR SUNNY mempunyai penyelesaian kepada semua masalah anda, tidak kira masalah itu hanya menghubunginya pada E-mel beliau: drsunnydsolution1@gmail.com saya hidup bahagia sekarang dengan suami saya dan 2 kids.DR indah saya SUNNY memberitahu saya i juga boleh menghubungi dia di mana-mana masalah-masalah berikut:

    (1) mahu kembali bekas anda.
    (2) Anda selalu mempunyai mimpi buruk.
    (3) Untuk dipromosikan di pejabat anda
    (4) Ingin anak.
    (5) Adakah anda mahu menjadi kaya.
    (6) mahu mengadakan suami / isteri anda untuk menjadi milik anda sahaja selama-lamanya.
    (7) memerlukan bantuan kewangan.
    8) Adakah anda ingin berada dalam kawalan anda perkahwinan
    9) Want anda tertarik kepada orang-orang
    10) hal tdk beranak
    11) PERLU A SUAMI / ISTERI
    13) CARA MENANG LOTERI ANDA
    14) PROMOSI Eja
    15) PERLINDUNGAN Eja
    16) Eja PERNIAGAAN
    17) Eja KERJA BAIK
    18) Penyembuhan bagi apa-apa penyakit.
    Hubungi DR SUNNY hari ini dan anda akan berpuashati dengan hasilnya. Email: drsunnydsolution1@gmail.com
    THANKS UNTUK MASA ANDA

    BalasHapus
  16. Assalamu'alaikum ustad
    Saya adalah istri yg ditinggal suami selama 5 tahun yg Tak kembali. Yg tanpa suami memberikan nafkah lahir batin.lalu Saya pergi ke pengadilan tuk cerai.setelah ketok palu.saya dilamar seorang Laki 2.tapi suratnya belum keluar. Tp kamikami menunggu suratnya keluar baru menikah.menikah Saya tanya. Apa hukum pernikahan yg baru cerai Dan apakah bisa menikah kami menikah tanpa menunggu Idah.

    BalasHapus
  17. memang artinya dari semua ini adalah kembali pada hukum dan ketetapan yang ada di Al Qur'an .. karena pengadilan agama pun sulit untuk menyelesaikan masalah seperti ini berdasar hukum kompilasi islam ..

    BalasHapus